Monday, March 19, 2012

Touch Korea Tour Event : Hal-Hal yang ingin saya lakukan dan alami di Korea.

Hello everyone! How's life? 

Lama tak bersua. 
Di sela-sela jadwal padat  (saya masih harus menghadapi ujian praktik mulai hari Senin ini), saya menyempatkan diri untuk Online di Jejaring sosial Twitter. Tiba-tiba, di timeline saya muncul sebuah kicauan dari @KTOJakarta, official account milik Korean Tourism Organization Indonesia yang berisi pengumuman mengenai PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT. Langsung saja saya membaca persyaratan untuk turut serta. Dan post kali ini adalah salah-satu post untuk ikut serta dalam pemilihan tersebut. Dukung saya ya teman... :D
Korea, terutama destinasi wisatanya terlihat sangat bersih dan rapi, apalagi pengembangannya didukung penuh oleh pemerintah serta peran aktif masyarakatnya dalam merawat kebersihan dan mempromosikan negaranya. 
Variasi tempat wisata juga sangat banyak, mulai untuk mereka yang menyukai ketenangan, tempat-tempat tradisional, hingga shopping mall dan kehidupan malam. 


Inilah yang ingin saya lakukan jika saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi Negeri Ginseng.  

1. Homestay di Hanok



Sebagai penyuka ketenangan, saya ingin merasakan homestay di Hanok, rumah tradisional Korea yang arsitekturnya sangat menarik dan unik. 

Dok : Istimewa
Banyak drama Korea yang menggunakan Hanok sebagai tempat syuting. Sebut saja, Heartstings, Personal Taste, apalagi historical drama-nya. Dari drama-drama tersebut, saya dapat membayangkan bahwa Hanok adalah tempat yang nyaman. Terbuat dari kayu-kayu, dengan daerah halaman rumah yang terlihat asri karena banyak pohon-pohon, dan juga kehangatan yang terlihat dari dalam Hanok, membuat saya ingin waktu tinggal Hanok. 

Ternyata, Hanok bukan saja environmental friendly, karena menggabungkan semua unsur-unsur alam dalam tiap bagian rumah, tetapi juga baik untuk  kesehatan. Ada bagian di dalam Hanok, disebut dengan Ondol, merupakan sistem penghangat rumah dengan memanfaatkan panas dari dapur (kompor). Panas dari kompor itu kemudian dikonduksikan oleh bebatuan yang ada di bagian bawah Hanok, sehingga membuat seisi Hanok hangat. 

Ini adalah prinsip kerja Ondol. Dok : istimewa


Ondol pada umumnya digunakan pada musim dingin. Tetapi, sekarang marak juga penggunaan Ondol untuk kesehatan. Ibu hamil, orang tua, orang sakit dan kecapaian biasa berbaring di atas lantai yang hangat ini untuk men-charge tubuhnya. Pada zaman modern, konsep Ondol banyak digunakan oleh dunia. Terutama oleh mereka yang tinggal di negara empat musim. 


Selain Ondol, hal lain membuat saya tertarik untuk homestay di Hanok adalah pengalaman-pengalaman menarik yang bisa saya saya dapatkan di sana. Misalnya, di JeonJu Hanok Village. Dengan Tarif 60.000 won - 150.000 won (sudah termasuk sarapan), kita ditawarkan untuk turut serta dalam berbagai pengalaman yang berbeda (ada 18 pengalaman berbeda yang ditawarkan di tiap Hanok di JeonJu) sepertu atraksi gayageum (yang nonton Heartstrings pasti tahu, kan? :D ), juga pelajaran mengenai etika dalam menggunakan HanBok, dan lain-lain. 

Duh, saya jadi semakin penasaran nih dengan hangatnya Ondol dan ketenangan yang bisa kita dapatkan di Hanok. Bagaimana dengan Anda? 


2. Seoul International Fireworks Festival (Festival Kembang Api Internasional di Seoul)



Festival kembang api Internasional adalah program tahunan yang ada di Korea. Pada tahun ini, rencananya festival akan dilaksanakan pada bulan Oktober (sumber : visitkorea.co.kr). 

Dofo : Istimewa
Festival ini diikuti oleh peserta-peserta dari dalam dan luar Korea, tahun ini, tim profesional dari Jepang dan Portugal akan ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan kembang api terbaik yang menjadi bintang utama acara. Acara akan dimulai pada pukul 19:30 (waktu Korea). Dalam acara ini, pengunjung dapat menikmati berbagai atraksi dan program menarik yang disajikan oleh pihak penyelenggara. Kembang api yang ditampilkan juga bukan kembang api sembarangan. Dalam festival, kembang api akan ditampilkan dengan berbagai efek-efek spesial dan juga berbagai macam bentuk. Bahkan, ada yang berbentuk kucing, cincin, makhota dan masih banyak lagi.  


Saya sangat menyukai kembang api dan lampu-lampu malam. Dan saya sudah berapa kali mengabadikan pesta kembang api di Batam. Impian saya, suatu saat saya dapat mengabadikan pertunjukkan kembang api yang spektakuler di Korea dan menyebarluaskannya lewat jejaring sosial, dan publikasi klub foto.


Menikmati indahnya suasana malam di Kota Seoul, menghabiskan waktu dengan orang terkasih sambil menonton festival kembang api yang pastinya sangat indah dan berkesan. Festival ini akan menjadi suatu kenangan tak terlupakan bagi kita. Apakah Anda setuju? 

3. Mengunjungi  Ssamzie-Gil


Dok Istimewa
Ssamzie Gil adalah pusat berbelanja di kawasan Insa-dong, kawasan yang menjadi ikon pusat kesenian di Korea. Arsitektur dan dekorasinya sangat unik, kreatif, dengan unsur-unsur seni yang tidak monoton. Ssamzie Gil sendiri merupakan perpaduan tema antara modern dan tradisional. Terdiri dari empat lantai dan sebuah rooftop yang bernama Sky Garden, membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.


Di Ssamzie Gil, tersedia banyak souvenir-souvenir khas Korea yang unik. Selain untuk dijual, Ssamzie Gil juga menyediakan 12 toko sekaligus gallery dan workshop bagi turis untuk belajar membuat traditional craft-nya Korea di basement. Mereka menyediakan workshop untuk group dan juga pembimbing dalam bahasa Inggris dan Jepang.  



DoFo : rabitloveskim
dok : lifecapsule@wp 

Workshop di Ssamzie Gil. Galleri dan Workshop ini sudah ada dari dahulu di daerah Insan-dong.
Bahkan sebelum  Ssamzie Gil buka.
Dok : Istimewa 


Di bagian lain Ssamzie Gil, banyak sekali tempat-tempat yang dipenuhi Hangul-hangul yang ditata apik dan dengan font yang menarik. Sebagai penyuka Fotografi, saya merasa tempat ini adalah surga karena dipenuhi dengan banyak sekali objek-objek yang menarik.

DoFo : Chemii@wp
Sepertinya gambar-gambar di tembok ini berubah-ubah sesuai tema. 

DoFo : Chemii@wp
Yang lebih menarik, sepertinya di Ssamzie Gil, pengunjung bebas menuliskna "sesuatu" di dinding. 


DoFo : rabbitloveskim
Ini adalah bagian dari arsitektur Ssamzie Gil yang menurut saya sangat unik dan kreaftif. Sangat cocok untuk hunting foto. 

Ini adalah Pintu masuk ke area Cafe. Wuooooow!
DoFo :  rabbitloveskim
Ada jerapah di atas gedung!
Ini adalah toko buku yang terdapat di Ssamzie Gil.
Dok foto : Lifecapsule@wp
Selain tempat-tempatnya yang menarik, ada satu makanan yang unik dan tersedia di Ssamzie Gil. Namanya Ddong Bbang. Ddong berarti kotoran dan Bbang adalah roti. Wuah, ngeri ya? Tapi, itu hanya nama dan bentuknya doang kok.. Ddong Bbang adalah sebuah roti yang berisi pasta kacang merah. Kelihatanya enak ya? Apalagi kalau dimakan hangat-hangat.. 

Ini adalah kue berisi pasta kacang merah. Namanya Ddong Bbang.
Ddong adalah Feses dan Bbang adalah Roti.
Apakah Anda berani mencoba? :D 
DoFo : RabitLovesKim

Ternyata, Ssamzie gil juga muncul dalam MV S.E.O.U.L song yang dinyanyikan oleh bintang Hallyu Super Junior dan SNSD! 



Saya sangat tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat di atas. Bagaimana menurut teman-teman? 


Disclaimer :
Post ini diolah dari berbagai sumber.
Semua foto yang ada di Post ini bukan hasil jepretan saya. Melainkan hasil Googling :D 










16 comments:

  1. hwaiting yah :D post nya OK neh :D

    ReplyDelete
  2. kalau gue maah mau homestay di Busan hahahahaaaa lol -Woohyun

    ReplyDelete
    Replies
    1. busan! aaah~ aq jadi inget YongHwa ngomong pake busa sattori:D:D:D:D

      Delete
  3. Thaanks :D do you guys want to join me? which place do you guys like the most?

    ReplyDelete
  4. Woogh! gw jd lebih banyak tau tentang Korea culture, selama ini gw cuma ngidam2 Idol nya doang!! hahahaha...ondol itu loh yg paling lucu,gmana makan nya ya? chiakakaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D:D:D:D:D:DD:D

      ddong bbang kan maksudnya?

      swaaaaaaan~~~~~~~~~~~~~~ <3

      Delete
  5. Salah satu bekal penting yang harus di bawa kalau ke korea adalah KAMERA. So... SEMANGAAAAT ^______^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekekekeekek~~~
      iya nih :D

      terimakasih :D:D:D:D::D:D

      Delete
  6. pgn nyicip ttong ppang gab :3

    saem dibil mirip jokwon? LOL

    xiaobai

    ReplyDelete
  7. hihihi~ iya nih.. kelihatannya enaaaak!!! :D iya,.. mirip kok! tapi lbih mirip yoo jae sook lama-lama :D

    ReplyDelete
  8. selamat berjuang! Ssamzie gil kelihatannya menarik! patut dikunjungi!

    ReplyDelete