Monday, December 13, 2010

[한국어] Level 1 Pelajaran 1, Halo! Terimakasih!


Selamat datang! Ini adalah pelajaran yang paling pertama. Jika Anda adalah seseorang yang benar-benar pemula dalam bahasa Korea, mari mulai belajar berlatih bersama kami! Jangan khawatir jika Anda belum paham betul bagaimana caranya membaca dan menulis Hangul. Kami akan mendampingi Anda lewat setiap tahap dalam mempelajari bahasa Korea. Silahkan bertanya kepada kami tentang apa yang Anda kurang pahami dari pelajaran ini. Dalam pelajaran kali ini, Anda dapat belajar bagaimana caranya untuk mengucapkan "Halo!" dan "Terimakasih" dalam bahasa Korea. 


"Halo!" adalah “안녕하세요. [an-nyeong-ha-se-yo]” dan "Terimakasih" adalah “감사합니다. [gam-sa-hap-ni-da]”. Jika Anda sudah tahu bagaimana caranya untuk mengucapkan kata-kata ini, dengarkanlah audio yang ada dalam post kali ini untuk mengetahui cara terbaik agar dapat mengucapkan kata kata ini secara natural. 



*tekan tanda play untuk mendengarkan. Dan, jangan lupa tekan pause pada music player berbentuk iPod touch di sidebar. ^^ 

안녕하세요. = Halo. / Hi. / Apa Kabar? /Selamat siang. / Selamat malam. / dan lainnya..
안녕  +하세요 = 안녕하세요.
[an-nyeong]         [ha-se-yo]
안녕 = baik, damai, sehat
하세요 = apakah Anda, maukah Anda?, silakan


안녕하세요 adalah cara paling umum digunakan untuk menyapa seseorang dalam bahasa Korea, dan 안녕하세요 diucapkan dalam 존댓말 [jondaetmal], bahasa yang sopan/formal. Bila seseorang menyapa Anda dengan 안녕하세요, Anda cukup membalasnya dengan menyapa balik menggunakan 안녕하세요.


Contoh percakapan
A: 안녕하세요. [annyeong-haseyo] = Halo.
B: 안녕하세요. [annyeong-haseyo] = Hai.

 =========================================================

감사합니다. = Terima Kasih.

감사 + 합니다 = 감사합니다.
 [gam-sa]              [hap-ni-da]

감사 = apresiasi, bersyukur, terima kasih
합니다 = lakukan, sedang melakukan

감사합니다 adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengucapkan “Terima Kasih.” 감사 artinya “terima kasih” dan 합니다 artinya “lakukan” atau “sedang melakukan” dalam *존댓말, bahasa yang sopan/formal, jadi bila disatukan kalimat tersebut berarti “Terima Kasih.” Anda bisa menggunakan ungkapan ini, 감사합니다, kapan pun Anda ingin mengucapkan “Terima Kasih.”



*Di Korea, ada beberapa tingkatan kesopanan dalam berbicara. Tingkatan ini sangat PENTING. Tapi, jangan khawatir, tingkatan-tingkatan ini mudah dipelajari. Apalagi jika Anda sudah menguasai 존댓말. 


Berikut tingkatan kesopanan-nya: 

존댓말 [jon-daet-mal] adalah bahasa yang sopan, digunakan oleh orang muda untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau, kepada orang yang tidak Anda kenali dengan akrab atau Anda baru kenal
존댓말 diakhiri oleh 요 [yo] atao 니다 [nida]

♥ 반말 [ban-mal] adalah bahasa casual, biasa digunakan oleh orang-orang yang seumuran dan orang yang lebih tua kepada yang lebih muda. 
반말 tidak diakhiri oleh 요 [yo] atao 니다 [nida]




Perlu diingat, jika Anda berada dalam situasi dimana Anda bicara dengan sopan (menggunakan 존댓말) dalam situasi dimana Anda seharusnya menggunakan 반말, Anda tidak akan berada dalma masalah yang besar. Tetapi, jika Anda menggunakan 반말 dalam situasi dimana Anda seharusnya menggunakan 존댓말, Anda bisa jadi berada dalam masalah besar! 


klik disini  untuk *mendownload **mp3 nya
*u klik kanan pada link "disini" dan klik save link as.
**mp3 dalam bahasa INGGRIS.


Source : ttmik (original) + _gberocks@grology.blogspot.com (INAtrans dan tambahan)
















No comments:

Post a Comment